Tuesday 17 July 2018

Unknown

Tutorial membuat aplikasi toko online Berbasis Website untuk pemula

Ditutorial ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat aplikasi toko online untuk pemula menggunakan asp.net mvc C#. sebelum kita memulai pembelajaran ini kita harus menyiapkan bahan-bahan yang kita butuhkan dalam membuat aplikasi ini. Yang kita butuhkan adalah sebagai berikut

1. Microsoft Visual Studio

Microsoft visual studio adalah text editor yang disediakan oleh Microsoft yang digunakan untuk membuat atau membangun aplikasi yang menggunakan Bahasa pemrograman yang dikeluarkan oleh Microsoft, contoh Bahasa yang dikeluarkan oleh Microsoft antara lain asp.net mvc, windows form, visual basic, c# dan lain. Dan untuk teman-teman bisa belajar Tutorial membuat aplikasi toko online Berbasis Website untuk pemula dan cepat PART 1, teman-teman bisa mendownload visual studio Disini.

2. Microsoft sql server 2014

Microsoft sql server 2014 adalah aplikasi menejement basis data yang akan kita gunakan untuk menghubungkan suaru proses client server, dikasus ini kita akan membuat aplikasi toko online dimana tujuan aplikasi ini, adalah akan memberikan kemudahan para pembeli/user untuk melihat barang yang kita tampilkan data barang yang kita simpan didatabase kita. Untuk teman-teman bisa belajar membuat aplikasi toko online berbasis website untuk pemula, teman-teman bisa mendownload Microsoft sql server Disini.

Setelah teman sudah menginstall 2 aplikasi diatas, mari kita mulai pembelajaran Tutorial membuat aplikasi toko online berbasis website untuk pemula dan cepat PART 1.

Pertama-tama kita Buka Microsoft visual studio kita, Klik File > Project, setelah muncul jendela baru hover menu Installed > Visual C# > Web setelah itu pilih ASP.NET Application (.NET Framework) setelah itu isikan nama project kalian pada column name, lokasi project kalian pada kolom location, dan target framework yang kalian inginkan, klik Oke. Setelah itu dijendela berikutnya pilih template Empty, dan dikolom Add folders and core references for: centang bagian MVC, Setelah itu Klik Oke. Sejauh ini persiapan untuk belajar membuat aplikasi toko online berbasis website untuk pemula sudah selesai. Kita akan melanjutkan untuk mulai membuat aplikasi Toko online kita.

Untuk memulai pembelajaran ini kita mulai untuk membuat template dari aplikasi kita. Disini saya menggunakan template bawaan Boostrap. Untuk bisa memulai belajar membuat aplikasi toko online berbasis website untuk pemula teman-teman bisa mendownload template bootrap Disini.

Setelah teman-teman mendownload template yang kita telah sepakati, silahkan copy file index.html, folder css dan vendor kedalam project teman-teman yang ada di visual studio, dengan cara klik kanan pada nama project kalian dan pilih paste.

Setelah teman-teman sudah mengcopy 2 folder dan satu file tadi, kita mulai belajar membuat aplikasi toko online berbasis website untuk pemula. Kita memulai ini dengan cara :

* membuat folder Shared didalam folder Views untuk lebih jelasnya silahkan lihat videonya disini

* Copy file index.html ke dalam folder Shared untuk, lebih jelasnya silahkan lihat videonya disini

* Rename file index.html to _Master.cshtml

Ini berfungsi sebagai master page layout kita, yang berfusin untuk menampilkan semua page yang ingin kita tampilkan nantinya, untuk lebih jelasnya silahkan lihat videonya disini.

* Buat satu controller dengan cara klik kanan pada folder Controller klik add > Controller > MVC 5 Controller – Empty berikan nama controller dengan HomeController, klik Oke untuk lebih jelasnya silahkan lihat videonya disini.

* Buat function Index pada controller, untuk teman-teman yang ingin lebih jelanya silahkan lihat videonya dilink ini

* Setelah itu klik oke dan jalan aplikasi yang kita buat tadi.

Aplikasi yang kita bikin akan memiliki tampilan seperti gambar dibawah ini
















untuk video lengkapnya silahkan lihat dibawah ini


Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :